BCA: Ini Ceritaku...

Jaman sekarang, segala sesuatu serba instan dan otomatis. Mie instan, kopi instan, pintu masuk otomatis kebuka, cukup tekan tombol maka pintu mobil otomatis kekunci. Pokoknya enak deh hidup di jaman sekarang. Semua teknologi berkonspirasi untuk membuat hidup manusia itu cepat dan mudah. Dan itu juga yang aku alami dengan produk-produk perbankan dari salah satu bank swasta nasional terkemuka di Indonesia, Bank Central Asia (BCA).


Buatku, semua produk BCA yang aku pake tuh berkonspirasi untuk membuat hidupku lebih mudah. This is really the true story of mine. Mari lihat produk apa aja yang aku punya. Tahapan BCA, TabunganKu, Kartu Kredit BCA (BCA card dan MC2 gold), internet banking (klikBCA) dan layanan SMS top-up BCA. Mari aku jelaskan alasan kenapa aku bilang kalo semua produk tersebut berkonspirasi untuk membuat hidupku jadi jauh lebih mudah dan cepat.

Begini ceritanya...

Seperti di postinganku sebelumnya tentang perencanaan keuangan pribadi (bisa klik disini), aku menggunakan Tahapan BCA dan TabunganKu sebagai tempat menyimpan Emergency Fund dan uang tabungan. Apalagi sekarang aku sedang menabung untuk menikah, dan aku milih untuk menyimpan dana tersebut di TabunganKu. Kenapa? Karena TabunganKu-nya BCA ga ada biaya administrasi tapi tetap ada bunganya. Hehe. Sedangkan untuk Tahapan BCA aku gunakan sebagai tempat menampung emergency fund dan sebagai rekening operasional untuk bayar uang kos, kartu kredit, isi pulsa, dll (dengan memanfaatkan KlikBCA untuk membayar semua tagihan, aku ga perlu repot lagi ke Bank atau nyari ATM. KlikBCA benar-benar "one-stop-service" yah). Oiya, ngomong-ngomong soal isi pulsa, aku juga menggunakan layanan perbankan yaitu SMS top-up yang terhubung ke Tahapan BCA. Uniknya si layanan SMS top-up ini, biayanya gratis! Jadi kalo pulsaku bener-bener habis dan harus isi pulsa segera padahal ga ada atm ato tempat isi pulsa disitu, aku tinggal sms ke 8889 aja. Beres deh!
 
Yang paling ingin aku ceritain adalah Kartu Kredit BCA. Aku senang banget punya kartu kredit BCA, sampe ditawarin pake kartu kredit yang lain pun ga mau. Mending aku naikin limit BCA daripada apply kartu kredit yang lain. Bahkan kalo ada teman yang pengen punya kartu kredit, selalu aku sarankan untuk pake punyanya BCA. Kenapa aku bisa se-freak ini? Karena aku uda ngerasain keuntungannya yaitu melakukan transaksi online seperti membeli tiket pesawat, software, aplikasi smartphone, dll, serta melakukan transaksi di banyak sekali merchant yang menggunakan EDC BCA jadi jauh lebih mudah. Oiya, hal yang menyenangkan dari menggesek kartu kredit BCA (terutama BCA Card) di mesin EDC BCA adalah tiap aku transaksi pasti dapat Reward yang bisa aku tukarin di restoran yang menjual pizza atau kedai kopi yang bekerjasama dengan BCA. Beberapa kali aku beli pizza dan kopi gratis karena nukarin Reward! Makanya jadi semangat juga menggesek kartu kreditnya. Hehe. Sayangnya, Reward didapat hanya ketika kartu digesek di mesin EDC, coba kalo bertransaksi online juga bisa dapat Reward yah, pasti makin lebih semangat lagi menggunakan kartu kredit BCAnya (haha.. ngarep!).

Selain itu yang udah baca postinganku sebelumnya pasti tau kalo aku tuh orang yang selalu bayar tagihan kartu kredit tepat waktu dan full payment dan aku selalu mengusahakan tagihan kartu kredit tiap bulannya max. 30% dari penghasilanku. Setahun terakhir ini aku senang naik pesawat meskapai penerbangan milik pemerintah Indonesia yang tercinta ini. Nah, gimana kalo aku lagi butuh banget membeli gadget dengan harga yang lumayan mahal? Dan pada saat bersamaan juga harus beli tiket pesawat yang harganya juga lumayan mahal itu? Bisa-bisa kan lewat dari 30% nih. Disinilah salah satu kemudahan yang juga aku dapatkan. Aku bisa tetap punya gadget idaman dan beli tiket pesawat dengan tagihan kartu kredit di bawah 30% dari penghasilan. Kog bisa? Aku nyari gadget di toko yang menyediakan fasilitas cicilan 0% dan tiket pesawatnya aku jadiin cicilan dengan bunga ringan dan dengan jangka waktu yang fleksibel (bisa cek infonya di www.bca.co.id, bisa cek promo juga. Oiya sama yang lagi merencanakan masa depan untuk beli rumah misalnya bisa dapat info yang berguna juga loh disitu. Hehe). Tinggal milih aja jangka waktu yg sesuai dengan kemampuan bayar ku perbulan. Untuk mengubah ke cicilan pun gampang banget, tinggal sms ke 69888 nanti petugas BCA akan nelfon aku (baik banget yah BCAnya). Kesimpulanku, Kartu Kredit BCA bener-bener merupakan solusi perbankan yang membuat aku tetap bisa mengatur keuanganku dengan baik ;)

Tagihan kartu kredit juga bisa aku pantau lewat klikBCA. Aku bisa mastiin apakah jumlah transaksinya sama dengan yang aku pake, detail transaksinya benar atau tidak, sisa limitnya berapa, dll. Benar-benar sangat memudahkan dalam memonitor penggunaan kartu kredit, secara aku adalah orang yang detail dalam hal keuangan. Oiya, pernah sekali aku bermasalah dengan tagihan kartu kredit ku ini. Aku dikenakan bunga padahal aku ga pernah telat bayar dan selalu bayar full. Aku menghubungi Halo BCA (500888) dan melaporkan keluhanku. Aku senang karena selalu mendapat jawaban yang memuaskan dan masalahku diselesaikan dengan baik (akhirnya di-refund sebanyak bunga yg ditagihkan). Bahkan waktu itu aku sampe ngetwit lewat akun twitter @tikasumarauw: Selalu senang menelpon Halo BCA.. All problem solved! Trimakasih utk keramahannya dan uda mau saya repotkan.. Hehe.. ☺

Pokoknya semua jadi mudah deh kalo ama BCA.. ;)


N.b
Bagi sebagian orang, memiliki kartu kredit bisa jadi "musuh dalam selimut" yang membuat mereka terjerumus dalam lilitan hutang, tapi buatku dengan tetap disiplin menerapkan batasan-batasan seperti penggunaan kartu kredit max. 30% dari penghasilanku, membayar full payment setiap bulannya, dll, maka kartu kredit malah menjadi "sahabat" buatku. Dengan memaksimalkan fitur-fitur dalam kartu kredit, aku akhirnya menjadi terbantu dalam perencanaan keuanganku dan bisa mencapai apa yang dinamakan kebebasan finansial. So, be wise using your credit card yah!


Popular Posts