Crackers Coklat Keju

Yups.. this subject seems delicious, right?
Actually, aku lagi ga akan membahas tentang resep cemilan yang mudah dibuat dan murah bahan2nya ini but the lesson I've got from this cemilan. Oke, here my story goes..
Kemarin browsing2 internet, nemulah resep cemilan ini. Detailnya sebagai berikut:

Crackers Coklat Keju
Bahan:
Total Harga: Rp 17.000,-
1 bks crackers tawar/keju Rp 3.500,-
5 lembar keju slice, potong menjadi 4 bagian Rp 10.000,-
2 sdm susu kental manis Rp 500,-
100 gr coklat potong kasar, simpan dalam MM Oval 1 Rp 3.000,-

Cara Membuat:
1. Letakkan MM Oval 1 di atas Modular Bowl 1,5 L yang berisi air panas, aduk hingga meleleh.
2. Lapisi setiap crackers dengan keju slice dan olesi susu kental manis lalu tangkupkan dengan crackers lainnya
3. Celupkan kedalam coklat leleh separuh bagian crackers, biarkan kering dan sajikan dalam wadah Serving Platter.
Sumber: situs tupperware indonesia

Murah dan mudah dibuat kan?? Hehe.
Akhirnya tadi aku coba memeraktekan langsung di dapur kosan. Pertama, mulai motong2in crackernya dari yg bentuknya segi4 jd bentuk segi3. Karena ada beberapa yang hancur, akhirnya aku mutusin untuk biarin aja crakercnya tetap pada bentuknya semula. Hehe. Kemudian mulai motong2in keju (karena aku ga beli yang udah jadi per slice tapi yg batangan). Setelah kejunya beres, aku mulai nyusun2 cracker+keju+susu kental manis+cracker lagi. Agak belepotan sih beberapa, tapi yah namanya juga baru nyoba, jadi yah begitulah. Dan proses terakhir adalah melumerkan coklat. Abis beres, langsung deh susunan cracker pertama dicelupin. Eh, ga gitu memuaskan hasilnya. Akhirnya, crackernya tetap di piring, coklatnya yg aku sendok-sendokin ke atas crackernya. Setelah semuanya beres, waktunya untuk icip-icip. Dan hasilnya adalaaahhhhh.. Kemanisaaann! (´̩ε `̩ )..

Pas tau rasanya yah, aku sedih karena berpikir kalo percobaanku gagal. Tapi tetap berusaha cari solusi, gimana yah biar ga kemanisan? Akhirnya dapat ide, mungkin lain kali tambain stroberi atasnya, jadi rasa asam stroberi bisa mengimbangi rasa manis crackernya.

Dan kesedihan itu, aku ceritain ke pacarku lewat bbm dan aku kirimin juga foto cemilan hasil percobaan. Karena dia pengen nyoba walaupun uda aku bilang "project failed", akhirnya aku bawain beberapa potong buat dia. Waktu dia nyobain, katanya sih enak. Aku tau dia ga suka makanan yang manis banget. Aku sih berpikir, semoga bener-benar enak.

Make the story short, pulang gereja aku makan malam dan karena masih pengen ngemil, akhirnya aku ngemil cracker itu lagi. Dan betapa terkejutnya aku (bayangin yah) kog bisa enak banget gini rasanya???!!!?? WoW! I really like it! Susu kental manisnya uda meresap dalam crackersnya, dan uda benar2 membaur ama kejunya juga. Crackernya juga uda ga begitu krispi dan coklatnya juga uda agak keras. Pokonya yummy banget deh..

And these are what I've learnt from todays story:
1. Jangan takut untuk mencoba sesuatu yang baru. Aku ga tau, ini rasanya enak gak yah, tapi aku memilih untuk coba dulu. Hasilnya? Belakangan. Setidaknya, kalo liat dari bahan dan cara bikinnya sepertinya enak dan ga membahayakan. Kadangkala dalam hidup, kita takut mencoba hal baru, malah sudah digerogoti oleh ketakutan ini dan itu (yang bahkan belum terjadi). Ayo mari kita jadi lebih berani, siapa tau setelah mencoba kita menemukan sesuatu yang jauh lebih baik dari yang kita bayangkan.

2. Namanya juga baru belajar (masak), ga bisa ngarapin semua langsung sempurna (like a master chef). Yup, belepotan sana-sini, dan yang paling parah pertama kali icip uda kemanisan. Semua orang pasti belajar dari nol kan. Dan mungkin ga ada yang langsung bisa mengerjakan sesuatu langsung sempurna pada percobaan pertama. Itulah proses. Kalo ga pernah tau cemilannya kemanisan, aku ga akan terpikir untuk berinovasi tambahin stroberi. Yang pada akhirnya, dengan terus berinovasi, terus bertanya pada diri sendiri "apa lagi yah yang bisa aku lakukan supaya ini bisa jadi lebih baik?", kita akan menghasilkan sesuatu yang lebih baik dan lebih baik lagi.

3. Ketika aku mau setia dalam proses berani mencoba hal baru, mau terus memperbaiki untuk menghasilkan sesuatu yang lebih baik, aku akhirnya memperoleh sesuatu yang luarbiasa (enaknya) pada akhirnya. Wow! Tuhan emang luar biasa. I've done my part, and God do His part. Ga terpikir, dalam proses alamiah, susu akan merembes dalam cracker yang membuat cracker jadi agak lembut (karena waktu aku coba crackers sisa yang ga diapa2in, rasanya masih tetap krispi). Dan rasanya akan bercampur dengan keju yang agak asin, yang kemudian menghasilkan kolaborasi rasa yang enak. God do His part, dengen membiarkanku merasakan 'kegagalan', membuatku ga langsung menghabiskan (ato bahkan membuang) semua cemilan karena saking 'sedihnya', sehingga Dia dapat menggunakan proses alamiah untuk membuatku merasakan sesuatu yang luarbiasa, dan menyadari bahwa yang aku lakukan ga sia-sia bahkan semakin menyadari bahwa segala sesuatu indah pada waktunya. Sekarang aku nambah perbendaharaan cemilan sehat homemade, yess!

Intinya sih, buatku untuk memperoleh sesuatu yang luar biasa, kita ga akan bisa berharap Tuhan melakukan bagianNya kalo kita tidak melakukan bagian kita juga. Dan kadang Tuhan menggunakan proses alamiah (yang butuh waktu tentunya) yang tak terpikirkan sebelumnya oleh kita untuk memberkati kita. ;) Akhirnya, selamat mencoba dan selamat menikmati!

Popular Posts